Potensi Diri & Life Mapping Strategy

Dinas malam, biasanya abis pengiriman data jam 22.00 sudah tepar, ini sudah 23.15 masih melek. Makin malam kok rasanya makin seger? Kenapa? Ada apa dengan diriku? Entahlah, sepertinya banyak sekali yang sedang ku pikirkan. Kalo sudah begini dipaksa tidur pasti malah bikin tambah pusing.

Mikirin apa aja sih sampai segitunya?

Sebenarnya, seminggu ini aku lagi males-malesnya. Waktu dhuha ku lewatkan begitu saja, begitupun tilawah. Nulis diary pun gak, apalagi nulis serius, apalagi baca. Tugas nulis dari kelas online pun ku abaikan terus. Astaghfirullah pokoknya males banget dah, semales-malesnya. Di rumah bawaannya pingin makan aja. Bikin kue terasa jadi kesenangan sesaat, padahal itu salah satu hobby-ku. Sampai ku bilang ke suami ,"aku butuh siraman rohani."

Tapi apa yang ku lakukan? Selain makan aku juga lebih banyak berselancar di dunia maya. Buang-buang waktu banget deh pokoknya. Astaghfirullah.. Astaghfirullah.. Astaghfirullah..

Qadarullah.. Sampai akhirnya aku menemukan sebuah akun instagram yang isinya penuh manfaat. Akun seorang senior yang ku kenal. Boleh tag disini gak ya? @afriyas04 Dulu di kampus dikenal dengan panggilan kak Iyas, senior panutan di Organisasi Keputrian Rohis juga.

Masyaa Allah.. kagum sekali dengan hal-hal yang diposting kakak ini. Sudah berhasil menyelesaikan kelas online-nya dengan baik. Bahkan kakak ini menantang dirinya dengan #ZeroWasteChallenge. Kalo aku bisa gak ya? Mengikuti hal yang baik gak masalah kan?

Yang paling membuatku melek malam ini adalah postingan kak Iyas tentang Potensi Diri & Life Mapping Strategy

 

Potensi diri ditulis untuk menggambarkan kebaikan-kebaikan yang ada dalam diri kita. Sangat penting kita mengetahui potensi positif apa yang ada dalam diri kita, supaya kita tidak hanya fokus pada keburukan kita saja. Daripada membuang-buang waktu terus menerus meratapi dan memperbaiki kesalahan yang berulang, lebih baik menggunakan segala kekuatan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bukan? Aku sudah mencoba menuliskan Potensi Diri di buku catatan kecilku. Lumayan cukup untuk membangkitkan semangat dan meningkatkan kepercayaan diri lagi.

Sedangkan Life Mapping Strategy dibuat untuk memetakan kehidupan kita ke depan dalam jangka panjang. Kehidupan seperti apa yang kita inginkan 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun ke depan, termasuk di dalamnya mimpi dan prestasi seperti apa yang ingin kita raih. Nah, dari sini ku rasa Time Management penting banget untuk bisa meraih apa yang kita inginkan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Dengan membuat Life Mapping Strategy seperti ini ku rasa sangat membantu banget untuk kita membuat Schedule seperti apa yang bisa kita jalani.

Aku masih sangat butuh banyak belajar. Terima kasih banyak kak Iyas, walaupun postingan Instagram terakhir nya sudah dari Maret 2019 tapi bisa membangkitkan lagi semangatku di penghujung November 2019. Penghujung tahun juga tentunya. Hmm.. Sepertinya aku juga harus punya Life Mapping Strategy untuk bisa meraih mimpi-mimpiku, mungkin butuh beberapa malam untuk membuatnya. Hehe..



Tulisan ngawur ini ku buat untuk memenuhi tugas #KelasMenulisSKOPER. Setoran 1 ini harusnya tanggal 25 Nov, tapi baru nulis tanggal 28 Nov, saking malesnya.



Btw, Alhamdulillah wa Syukurillah. Kalo Allah Al Hadi mau kasih petunjuk ke kita, bahkan dengan scroll instagram pun kita bisa menemukan petunjuk dari-Nya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku #4] Si Anak Spesial

[Resensi Buku #7] Cinta Semanis Kopi Sepahit Susu

[Resensi Buku #5] Trilogi Soekram